Cloud Hosting Indonesia Hosting Unlimited Indonesia

5 Keutamaan Sholat Duha Sebagai Magnet Rezeki

keutamaan-sholat-duha

Assalamualaikum sobat rohaniawan, semoga kita semua dan mendapat kemudahan rezeki dari Allah SWT. Amin. kali ini saya akan membahas mengenai sholat duha. Sebenarnya sangat banyak keistimewaannya sholat ini bagi siapa saja yang ingin mendawamkannya, tetapi disini kita hanya akan membahas 5 keutamaan sholat duha. Di masa pandemi saat ini sangat terasa sekali ya sob betapa sulit mencari penghasilan tambahan, dimana-mana banyak PHK dan juga bahan makanan serba mahal. Maka dari itu saat ini bagi kita-kita yang kurang iman mungkin tidak memikirkan rezeki yang halal atau haram lagi. Nauzubillah. Semoga kita semua selalu diberikan jalan rezeki yang halal. Amin.

Karena covid itu juga sob, ditempat saya yang biasanya banyak teman-teman beribadah di Mushalla atau masjid semua aktivitas ibadah redup seketika, baik ceramah agama yang biasanya sebulan sekali sekarang ditiadakan dan hal ini juga beimbas kepada diri peribadi saya.

Dulu alhamdulillah saya rajin sholat duha setiap pagi di kantor sebelum mengerjakan pekerjaan harian saya. Saat itu saya sangat merasakan keberkahannya walaupun penghasilan sedikit tapi merasa cukup dan selalu ada lebihnya. Akan tetapi sob semenjak datangnya pandemi covid ini semuanya jadi ribet, kenyamanan ibadah berkurang, karena apa? karena mau ke musholla saja harus memakai peralatan ibadah sendiri dan juga memakai masker. itulah sob penyebabnya lama-kelamaan sholat duha terbengkalai, efeknya ke rezeki walaupun masih sama tetapi yang sangat berasa adalah keberkahannya berkurang, cepat habis dan bahkan belanja seperti membeli sesuatu yang tidak diperlukan.

Nah sob, akhir-akhir ini saya sangat meupayakan sholat duha ini agar bisa dikerjakan dengan merubah polanya. Biasanya saya kerjakan di kantor sekarang ini saya kerjakan di rumah sebelum berangkat kerja. Dan saya juga mengajak teman-teman sekalian semoga teman-teman juga bisa mengerjakannya karena fadhilahnya sangat luar biasa. Ini niatnya bukan riya ya sob, tetapi menceritakan hal ini niatnya agar sobat sekalian juga juga termotivasi untuk mengerjakannya.

Sholat dhuha ini hukumnya sunnah. Biasanya dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal sampai 12 rakaat dengan per 2 rakaat satu kali salam. Waktu mengerjakan sholat duha ini yaitu pada pagi hari dari jam 8 sampai jam 10. Sholat ini memiliki banyak sekali keutamaan yang sudah disebutkan Rasulullah didalam haditsnya dari Abu Dzar r.a beliau berkata:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ ، فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ ، وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

Artinya: Dari setiap persendian kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi, setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedeka, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, mengerjakan kebaikan adalah sedekah, melarang kemungkaran adalah sedekah, dan semua itu dapat terpenuhi dengan mengerjakan 2 rakaat dari sholat duha. (H.R. Muslim No. 1181).

Sholat duha bukan hanya sebagai pelengkap ibadah sunnat tetapi memiliki banyak keistimewaan sebagaimana telah disebutkan hadits diatas yaitu semua ibadah sedekah cukup diwakilkan dengan mengerjakan sholat duha 2 rakaat saja. Artinya betapa tingginya derajat pahala yang diterima apabila seseorang mengerjakan sholat tersebut.

Abu Hurairah pernah meriwayatkan hadits tentang sholat duha ini yang diterima langsung dari Rasulullah SAW sebagai berikut:

أَوْصَانِي خَلِيلِي بِثَلَاثٍ لا أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ : صَوْمِ ثَلاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

Artinya: Abu Hurairah berkata: kekasihku (Rasulullah) Telah berwasiat kepadaku tentang tiga perkara agar jangan aku tinggalkan hingga aku mati: puasa 3 hari setiap satu bulan, sholat dhuha, dan tidur dalam keadaan sudah sholat witir. (H.R. Bukhari Muslim).

Orang yang mendawamkan/istiqomah mengerjakan sholat duha akan dijamin rezekinya oleh Allah SWT sebagaimana hadits berikut:

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Artinya: Allah Ta’ala berfirman: wahai anak adam, janganlah engkau tinggalkan sholat diawal siang (waktu duha) karena itu akan mencukupimu di akhir siang. (H.R. Ahmad, At-Tirmidzi, dan Abu Daud).

Secara logika, apabila setiap hari melaksanakan sholat duha, maka rezeki akan terpenuhi setiap hari. yang artinya orang yang istiqomah sholat duha tidak akan pernah kekurangan rezeki karena Allah ta’ala sendiri yang memerintahkannya sebagai sang penjamin rezeki.

Masih banyak hadits-hadits yang membahas mengenai keutamaan sholat duha, tetapi tidak kami sebutkan disini. Dari beberapa hadits tersebut telah menjelaskan bahwa keutamaan sholat duha diantaranya yaitu:

  1. Rezeki akan dicukupkan oleh Allah SWT dan beberkah.
  2. Mengerjakan sholat duha berarti sama dengan kita bersedekah untuk seluruh anggota tubuh dan juga sama dengan mengucapkan tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir.
  3. Akan mendapatkan keberkahan hidup dan rezeki yang mengalir.
  4. Derajatnya terhitung sebagai hamba Allah yang taat.
  5. Akan dibangunkan rumah di surga-Nya.

Dan banyak lagi sob. Maka dari itu mari kita meluangkan waktu untuk melaksanakan sholat ini walaupun cuma 2 rakaat saja.

Tata Cara Sholat Duha

Untuk sholat duha sendiri yaitu sama seperti sholat sunnat pada umumnya, minimal dikerjakan 2 rakaat dan afdhalnya adalah 8 rakaat dengan 2 rakaat satu kali salam.

Niat sholat dhuha sebagai berikut:

اُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatad duhaa rak’ataini lillahi ta’alaa.

Aku sholat sunnat duha dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Rakaat pertama: Setelah surah Al-fatihah membaca surah Asy-Syams.

Berikut Surah Asy-Syams:

وَٱلشَّمۡسِ وَضُحَىٰهَا.  وَٱلۡقَمَرِ إِذَا تَلَىٰهَا .  وَٱلنَّهَارِ إِذَا جَلَّىٰهَا .  وَٱلَّيۡلِ إِذَا يَغۡشَىٰهَا .  وَٱلسَّمَآءِ وَمَا بَنَىٰهَا . وَٱلۡأَرۡضِ وَمَا طَحَىٰهَا .  وَنَفۡسٖ وَمَا سَوَّىٰهَا . فَأَلۡهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقۡوَىٰهَا .  قَدۡ أَفۡلَحَ مَن زَكَّىٰهَا . وَقَدۡ خَابَ مَن دَسَّىٰهَا .  كَذَّبَتۡ ثَمُودُ بِطَغۡوَىٰهَآ .  إِذِ ٱنۢبَعَثَ أَشۡقَىٰهَا . فَقَالَ لَهُمۡ رَسُولُ ٱللَّهِ نَاقَةَ ٱللَّهِ وَسُقۡيَٰهَا . فَكَذَّبُوهُ فَعَقَرُوهَا فَدَمۡدَمَ عَلَيۡهِمۡ رَبُّهُم بِذَنۢبِهِمۡ فَسَوَّىٰهَا .  وَلَا يَخَافُ عُقۡبَٰهَا

Rakaat kedua: Setelah surah Al-fatihah membaca surah Ad-Duha.

Surah Ad-Duha:

وَٱلضُّحَىٰ .  وَٱلَّيۡلِ إِذَا سَجَىٰ .  مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَىٰ .  وَلَلۡأٓخِرَةُ خَيۡرٞ لَّكَ مِنَ ٱلۡأُولَىٰ . وَلَسَوۡفَ يُعۡطِيكَ رَبُّكَ فَتَرۡضَىٰٓ .  أَلَمۡ يَجِدۡكَ يَتِيمٗا فَ‍َٔاوَىٰ . وَوَجَدَكَ ضَآلّٗا فَهَدَىٰ .  وَوَجَدَكَ عَآئِلٗا فَأَغۡنَىٰ .  فَأَمَّا ٱلۡيَتِيمَ فَلَا تَقۡهَرۡ . وَأَمَّا ٱلسَّآئِلَ فَلَا تَنۡهَرۡ .  وَأَمَّا بِنِعۡمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثۡ

Note: Apabila tidak hafal maka cukuplah rakaat pertama setelah fatihah membaca surah Al-Kafirun dan rakaat kedua surah Al-Ikhlas.

Selesai salam lalu membaca doa berikut:

Doa Setelah Sholat Duha

اَللَّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ  وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللَّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِ فِي السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِالْاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ قَلِيْلًا فَكَثِّرْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَلِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِي مَا اَتَيْتَ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innad duhaa-a duhaauka wal bahaa-a bahaa uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal qudrata qudratuka wal ‘ismata ‘ismatuka. Allahumma inkaana rizqii fissamaa fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fakahrijhu, wain kaana qoliilan fakatssirhu wa inkaana mu’assaran fayassirhu, wa inkaana haraaman fathohhirhu, wa inkaana ba’iidan faqarribhu bihaqqi duhaa ika wabahaaika wajamaalika waquwwatika waqudratika aatinii maa aataita bihi ibaadakas shoolihiin.

Nah demikian sob yang dapat saya share mengenai keutamaan sholat duha, semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan tak terkecuali diri kami pribadi.

Wallahu ‘alam bisshowab.

Tentang Penulis

Khamsul khair

Terima kasih telah mengunjungi blog sederhana ini. Semoga berkah dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *