Cloud Hosting Indonesia Hosting Unlimited Indonesia

Amalan Nisfu Sya’ban, Jangan Sampai Ketinggalan

amalan-nisfu-sya'ban

Assalamualaikum sobat rohaniawan. Kali ini kita membahas mengenai amalan nisfu sya’ban. Karena sebentar lagi kita akan memasuki bulan sya’ban dimana beberapa riwayat menyebutkan bahwa bulan ini adalah bulannya tutup buku dan membuka lembaran baru catatan amal manusia.

Dikatakan bahwa semua perbuatan yang baik atau buruk yang pernah dilakukan manusia akan dicatat oleh malaikat Raqib Atid dan ditutup setahun sekali tepat pada nisfu sya’ban ini. jadi sangat baik untuk melaksanakan ibadah tambahan pada waktu malam dan esok harinya.

Untuk daerah tertentu kegiatan ibadah pada malam nisfu sya’ban dan puasa esok harinya sering dilaksanakan bersama-sama sehingga terlihat seperti wajib melaksanakannya. Padahal ketentuan itu sebenarnya tidak ada.

Tetapi melihat sisi baiknya, dibandingkan dengan menonton televisi, kumpul-kumpul sambil gosip, dan kegiatan yang tidak berguna lainnya hal ini merupakan sebuah momen yang sangat baik karena didalam acara tersebut semua orang melakukan kesunnahan yang diajarkan Rasulullah seperti membaca Al-Qur’an, sholat sunnat berjamaah dan zikir bersama.

Ada baiknya sebenarnya amalan nisfu sya’ban ini itu tidak hanya dikerjakan pada nisfu sya’ban saja tetapi lebih baik lagi apabila kita lakukan dari awal bulan sya’ban sampai akhirnya sesuai kemampuan.

Dalam sebuah riwayat Abu bakar bahwa Rasulullah SAW bersabda: “(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

Satu hal yang perlu kita ketahui, tidak ada amaliah khusus yang dilakukan dalam nisfu sya’ban, semisal sholat sunnat nisfu sya’ban. Hal tersebut tidak ada sandaran haditsnya.

Yang benar adalah amaliah yang umum dan sudah dibenarkan oleh para ulama seperti sholat sunnat, membaca Al-Qur’an dan puasa sunnat.

Nah apa saja amaliah nisfu sya’ban yang biasa dilakukan oleh kalangan NU, berikut penjelasannya:

Sholat Sunnat Taubat

Karena dikatakan malam nisfu sya’ban adalah malam pergantian buku catatan amal, sholat ini sangat bangus diamalkan pada malam nisfu sya’ban agar dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT dan tercatat sebagai penutup dan pembuka yang baik.

Sholat ini juga baik dikerjakan dengan berjamaah maupun sendirian.

Sholat Sunnat Hajat

Sholat hajat dilaksanakan dimalam tersebut dengan memohon kepada Allah SWT agar semua hajat yang kita panjatkan diijabah oleh-Nya untuk satu tahun kedepannya.

Sholat ini juga bagus dilaksanakan secara berjamaah maupun sendirian. Untuk tata caranya klik disini.

Sholat Sunnat Tasbih

Sholat ini sering dilaksanakan oleh ulama dikalangan NU ketika nisfu sya’ban. Amaliah ini adalah juga sebagai sarana penghapus dosa besar maupun kecil.

untuk tata cara sholat tasbih bisa klik disini.

Membaca surah yasin 3 kali berturut-turut

Mayoritas ulama NU melaksanakan membaca surah yasin ini tiga kali dimalam tersebut.

Niat membaca surah yasin yang pertama agar dipanjangkan umur dan disehatkan badan untuk beribadah kepada Allah.

Niat kedua agar diberikan rezeki yang halal lagi baik untuk tujuan ibadah kepada Allah

Niat ketiga yaitu agar diberikan kekuatan iman, dijauhkan dari api neraka dan mati dalam keadaan khusnul khatimah.

Membaca tasbih nabi Yunus 2375 kali pada waktu malamnya

Tasbih nabi Yunus ini terkenal dengan kisah beliau tatkala ditelan oleh ikan Nun. Beliau membaca tasbih ini secara terus menerus  ini berbunyi:

لَا اِلَهَ اِلَّا اَنْتَ سُبْحَانَكَ اِنَّيْ كُنْتُ مِنَ الظَّا لِمِيْنَ

laa ilaaha illa anta subhaanaka inni kuntu minaz zhoolimiin.

Tidak ada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau sesungguhnya aku termasuk dari golongan orang-orang yang zhalim.

“Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: Laa Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadz Dzalimin (Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah melainkan Allah kabulkan baginya.”(HR. Tirmidzi no. 3505.)

Menurut syeikh Abdul Hamid siapa saja yang membaca tasbih ini sebanyak 2375 kali pada malam nisfu sya’ban, insya Allah akan dilindungi-Nya dari segala marabahaya, kesusahan dan musibah setahun kedepan.

Puasa Nisfu Sa’ban

Karena begitu mulianya bulan sya’ban ini Rasulullah SAW sering berpuasa hampir menyamai puasa bulan Ramadhan sebagaimana Siti Aisyah r.a mengatakan:

“Aku tidak melihat Rasulullah SAW puasa sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan dan aku tidak melihat melihat beliau banyak puasa kecuali pada bulan Sya’ban.” (HR: Bukhari).

Puasa ini sebenarnya lebih baik sebanyak-banyaknya dibulan sya’ban. bukan hanya saat nisfu sya’ban saja. Karena Rasulullah SAW suka berpuasa sunnah di bulan ini.

Syeikh Nawawi Albantani didalam kitab Nihayatul zain menjelaskan: “Puasa sya’ban disunnahkan karena Rasulullah menyukai berpuasa dibulan ini. Barangsiapa yang berpuasa sya’ban dia akan memperoleh syafaat Rasulullah di akhirat kelak.”

Nah sobat sekalian, Demikian amalan nisfu sya’ban ini saya share dimari. Semoga kita dikuatkan oleh Allah SWT untuk menjalankan ibadah ini dengan ikhlas dan istiqomah.

Wallahu ‘alam bisshowab.

Tentang Penulis

Khamsul khair

Terima kasih telah mengunjungi blog sederhana ini. Semoga berkah dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *