bacaan-sholawat-nabi

Bacaan Sholawat Nabi Dan Fadilatnya

Assalamualaikum sobat rohis, sebenarnya apa sih sholawat itu, bagaimana bacaan sholawat nabi?sholawat nabi adalah salah satu amaliah yang paling utama apabila dibandingkan dengan zikir dan hizib maupun wiridan lainnya. Karena sholawat adalah amalan yang tidak akan tertolak walupun diucapkan sambil bercanda, sedangkan amaliah lainnya tidak ada yang seperti itu. Allah SWT berfirman:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِيِّۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ صَلُّواْ عَلَيۡهِ وَسَلِّمُواْ تَسۡلِيمًا

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (Q.S. Al-Ahzab: 56)

Allah Ta’ala berserta malaikat-Nya bersholawat kepada Nabi SAW, hal ini menggambarkan betapa agungnya diri Nabi baik jasad serta ruh beliau. Kita disuruh membaca sholawat kepada beliau agar segala limpahan Rahmat Allah Ta’ala mengalir kepada kita.

Berkat Rasulullah SAW kita ada di dunia ini, Nur Rasulullah adalah sebab dari semua alam semesta ini diciptakan. Oleh karena itu bacalah sholawat karena dikatakan oleh guru kami bahwa sholawat adalah jalan terdekat menuju maqam muqarrabin, jalan pintas melewati maqam-maqam para wali lainnya. dengan membaca sholawat secara istiqomah dengan kehendak Allah SWT suatu saat kita akan bisa merasakan sirr dari Rasulullah SAW.

Lafadz dari sholawat adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammad.

Ya Allah Limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk penghulu kami Nabi Muhammad dan untuk keluarga penghulu kami Nabi Muhammad.

atau sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihii wasohbihii wasallam.

Ya Allah Limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk penghulu kami Nabi Muhammad dan untuk keluarganya dan para sahabatnya.

Sholawat diatas adalah inti atau kata kunci dari sholawat-sholawat yang lainnya yang biasa dibaca orang-orang. Dalam arti semua sholawat yang isinya panjang pasti mengandung sholawat diatas. Apabila kita mengucapkan 1 kali sholawat tersebut maka Allah SWT akan membalasnya dengan 10 kali. sebagaimana Sabda Nabi SAW:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Barangsiapa yang bersholawat kepadaku 1 kali maka Allah bersholawat kepadanya 10 kali. (H.R. Muslim).

Dalam hadits yang lain:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Siapa yang membaca sholawat kepadaku sekali maka Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali, menghapus sepuluh dosanya, dan mengangkat derajatnya sepuluh tingkat. (H.R. Nasai).

Berikut keutamaan membaca sholawat:

  1. Mendapatkan Rahmat dari Allah SWT
  2. Mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW
  3. penghapus dosa-dosa
  4. mengangkat derajat menuju maqam para wali yaitu maqam muqarrabin
  5. Dapat mengabulkan hajat dan juga pemberi cahaya dan pembersih pada hati yang kotor
  6. Menjauhkan dari api neraka dan memasukkan kedalam surga.

Adapun sholawat yang paling tinggi derajatnya yaitu mutaba’ah dengan baginda nabi Muhammad. Maksudnya yaitu mengikuti segala tata cara perilaku nabi baik sifat nabi maupun akhlak beliau serta tata cara ibadah beliau. Inilah yang dinamakan sholawat yang tidak berhuruf dan bersuara. Akan tetapi sangat awam bagi diri kita untuk bisa mengikuti beliau secara keseluruhan karena kita semua jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu ikuti apa yang kita bisa dari pribadi Rasulullah atau disesuaikan dengan pekerjaan kita. Semoga kita mendapat syafaatnya di hari kiamat.

Berikut macam-macam sholawat yang masyhur dikalangan para ulama dan tabiin:

  1. Sholawat Ummiy

Sholawat ummiy ini apabila diamalkan maka insya Allah akan terkabul semua hajat dan sebelum meninggal dunia insya allah akan bertemu Rasulullah didalam mimpinya. Berikut kalimatnya:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَ سَلَّمَ

Ya Allah Limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk penghulu kami Nabi Muhammad yang ummi (tidak bisa baca tulis) dan untuk keluarganya dan para sahabatnya.

Bacalah sebanyak-banyaknya kapanpun kita bisa dan tanpa perlu menghitung jumlahnya. Insya allah akan mendapatkan fadilatnya.

2. Sholawat Nariyah

Bacaan sholawat nabi berikutnya yaitu sholawat nariyah. sholawat ini biasa dibaca bersama banyak orang, baik di pengajian atau setelah sholat hajat. Sholawat ini juga berfungsi untuk membuka pintu rezeki, mengabulkan hajat serta penolak bala serta menjauhkan dari api neraka di akhirat nanti. Berikut bacaan sholawat nariyah:

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

3. Sholawat Fatih

Sholawat ini dinamai fatih yang artinya pembuka. Bacaan sholawat nabi ini fadilatnya sangat banyak bahkan dari beberapa ulama menjelaskan siapa saja yang membaca sholawat ini insya allah meninggal dalam keadaan khusnul khatimah dan diharamkan dari jilatan api neraka. Wallahu a’lam. Berikut lafadz sholawat fatih:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي إِلَى صِرَاطٍمُسْتَقِيْمٍ. وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Dan atas para keluarganya dan sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.

4. Sholawat Munjiyat

Sholawat ini dipakai untuk memulai doa apabila ada hajat yang besar maupun kecil. Sholawat ini sangat bagus dibaca terus menerus untuk memudahkan suatu urusan yang pelik.

berikut lafadz sholawat Munjiyat:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْآفَاتِ، وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ، وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ، وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ، وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِيْ الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

Ya Allah limpahkanlah sholawat atas junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.

5. Sholawat Nur

Sholawat ini diijazahkan secara umum oleh Almukarram Al Habib Umar bin Muhammad jadi kita boleh mengamalkannya (ucapkan qobiltu ijazata). Sholawat ini untuk pembersih hati dan juga menguatkan ikatan batiniah dengan Rasulullah SAW. Berikut lafadz sholawat nur:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نُوْرِكَ السَّارِي وَمَدَدِكَ الجَارِي وَاجْمَعْنِي بِهِ فِي كُلِّ اَطْوَارِي وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ يَا نُوْر

Ya Allah Limpahkanlah Shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Besar Muhammad saw. Sang cahaya-Mu yang selalu bersinar dan pemberian-Mu yang tak kunjung putus dan kumpulkanlah aku dengan Rasulullah di setiap zaman serta shalawat untuk keluarganya dan shahabat wahai sang cahaya.

Demikian beberapa bacaan sholawat nabi yang sangat bagus untuk didawamkan seumur hidup. Sangat berguna dan bermanfaat untuk kita sebagai umatnya. Dengan mengamalkan sholawat inilah Rasulullah insya Allah akan hadir dalam kehidupan kita. Karena nikmat terbesar dan sebenar-benarnya nikmat adalah ketika berjumpa dengan Rasulullah SAW di dunia dan berjumpa dengan Allah di akhirat kelak.

Wallahu ‘alamu bis showab.

Baca juga: 5 Keutamaan Sholat Duha sebagai Magnet Rezeki

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *