doa-melahirkan-lancar-dan-selamat

Doa Melahirkan Lancar Dan Selamat Tanpa Rasa Sakit

Assalamualaikum sobat rohis, Kali ini kita membahas mengenai doa melahirkan lancar dan selamat. Terkadang bagi seorang ibu yang akan melahirkan pasti gugup dan takut luar biasa karena hal tersebut adalah perjuangan antara hidup dan mati.

Tetapi janganlah takut berlebihan karena dizaman sekarang alat-alat kedokteran sudah lebih canggih dalam penanganan melahirkan dengan resiko kematian yang minim.

Dalam Islam kita juga diajarkan agar memperbanyak membaca Al-Qur’an terutama surah maryam karena ibunda maryam adalah seorang ibunda yang melahirkan nabi Isa A.s tanpa rasa sakit. Oleh karena itu kita bertafa’ul dengan memperbanyak membaca surah tersebut dengan harapan persalinannya cepat lancar dan tanpa rasa sakit.

Agar mudah dan lancar bagi seorang ibu yang mau melahirkan, disarankan membaca doa ini:

حَنَّا وَلَدَتْ مَرْيَمَ وَمَرْيَمُ وَلَدَتْ عِيْسَى اُخْرُجْ اَيُّهَا الْمَوْلُدُ بِقُدْرَةِ الْمَلِكِ الْمَعْبُوْدِ

hanna waladat maryama wa maryamu waladat ‘iisaa, ukhruj ayyuhal mauludu biqudratil malikil ma’buud”

(Doa ini dibaca ketika seorang ibu sudah terasa mau melahirkan, dibaca 3 kali tanpa nafas, ini semua dibaca sampai 7 kali, berarti jumlah bacaannya adalah 21 kali, insya Allah dengan izin Allah jabang bayi akan segera keluar dengan mudah dan selamat.)

Adapun Ayat Al-Quran untuk memudahkan persalinan (dibaca berurutan) yaitu:

  1. Q.S Ar-raad ayat 8

اللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَحْمِلُ كُلُّ أُنْثَى وَمَا تَغِيضُ الأرْحَامُ وَمَا تَزْدَادُ وَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهُ بِمِقْدَارٍ

  1. Q.S Fathir ayat 11

وَاللَّهُ خَلَقَكُمْ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُطْفَةٍ ثُمَّ جَعَلَكُمْ أَزْوَاجًا وَمَا تَحْمِلُ مِنْ أُنْثَى وَلا تَضَعُ إِلا بِعِلْمِهِ وَمَا يُعَمَّرُ مِنْ مُعَمَّرٍ وَلا يُنْقَصُ مِنْ عُمُرِهِ إِلا فِي كِتَابٍ إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

  1. Q.S An-Nahal ayat 78

وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالأبْصَارَ وَالأفْئِدَةَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

  1. Q.S Al-zalzalah ayat 1-8

إِذَا زُلْزِلَتِ الأرْضُ زِلْزَالَهَا .وَأَخْرَجَتِ الأرْضُ أَثْقَالَهَا .وَقَالَ الإنْسَانُ مَا لَهَا .يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا .بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَى لَهَا .يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ .فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ .وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ.

Ayat-ayat tersebut dibaca oleh suaminya disamping istri dengan harapan dimudahkan dan dilancarkan persalinannya serta mendapatkan bayi yang sehat dan jauh dari segala penyakit.

Hal-hal yang harus dilakukan setelah bayi lahir yaitu:

1. AZAN DAN IQAMAH

Azan dimaksudkan agar suara yang pertama didengar oleh si anak adalah kalimat tauhid. Yang mengazankan yaitu ayah si bayi ( baik bayi laki-laki atau perempuan) di telinga kanan dan iqamah di telinga kiri. Apabila orang tua bayi tidak bisa maka boleh keluarga dari si bayi yang mengazankan.

2. MENANAM ARI-ARINYA

Ari-ari dicuci terlebih dahulu sampai bersih & suci, di bungkus dengan kain dan dimasukkan dalam kendil tanah liat, dikubur dalam tanah (yang aman dari gangguan binatang) dengan membaca shalawat, syahadat, dan surah alfatihah.

3. TASMIYAH

Tasmiyah yaitu memberi nama anak dengan nama yang baik dan mengandung doa untuk si anak pada hari ketujuh. Sabda Nabi SAW:

“sesungguhnya pada hari kiamat kelak, kalian akan dipanggil dengan nama-nama kalian dan nama-nama bapak kalian, oleh karena itu berikanlah nama yang baik pada anak-anak kalian” (H.R. Abu dawud)

Untuk penjelasan lengkapnya klik disini.

4. AQIQAH

Aqiqah yaitu menyembelih kambing bagi orang tua yang mampu. Apabila laki-laki maka 2 ekor kambing, sedangkan perempuan 1 ekor kambing.  Aqiqah biasanya dilakukan pada hari ke-7 setelah kelahiran dan kelipatannya. Nabi Saw bersabda:

“Anak bayi itu digadaikan dengan aqiqah yang disembelih, maka dari itu anak bayi yang baru lahir 7 hari dari kelahirannya, dipotong rambut kepalanya, dan diberikan nama dengan nama yang bagus”.

Untuk penjelasan lengkapnya klik disini.

5. KHITAN

Khitan biasanya dilaksanakan pada umur 7 tahun sampai 12 tahunan agar meminimalisir rasa takut. Hukum khitan ini adalah wajib untuk laki-laki dan sunnat untuk perempuan sebagaimana Sabda Nabi SAW:

“Hukum penyunatan adalah wajib bagi anak laki-laki dan kemuliaan bagi anak perempuan” (HR. Ahmad & Baihaqi).

6. MEMBERIKAN NAFKAH YANG HALAL & BAIK

Agar anak menjadi cerdas dan pintar serta taat kepada orang tua, maka syarat utama yang mutlak yaitu memberi makanan dan minuman yang halal dan baik. Karena dengan makanan yang halal memudahkan nur/ cahaya ilmu masuk kedalam hati anak kita. Untuk lebih lengkapnya klik disini.

Nah demikian sobat rohis mengenai doa melahirkan lancar dan selamat serta beberapa yang harus dilakukan ketika bayi sudah lahir. Semoga anak kita menjadi anak yang sholeh dan sholehah, taat pada orang tua dan berguna untuk masyarakat dan bangsa. Amiin.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *