doa-qunut

Doa Qunut Arab dan latin Lengkap Dengan Artinya

Assalamualaikum sobat rohis, sehat selalu panjang umur dan semoga diberikan kekuatan untuk beribadah. Nah sob, karena banyak teman kita yang belum hafal doa qunut maka kali ini saya ketikkan bacaan doa qunut yang biasa dibaca ketika sholat subuh.

Membaca doa qunut didalam sholat subuh hukumnya sunnah, dan apabila ketinggalan maka sunnah sujud sahwi (sujud ketika kelupaan). Sebagian dari kita yang memiliki pandangan berbeda tidak memakai doa qunut didalam sholat subuhnya, tetapi itu tidak mengapa karena perbedaan ini merupakan perbedaan yang bersifat furu’iyyah bukan yang bersifat pokok dalam agama. Kita memakai doa ini berdasarkan dari hadits berikut:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكِ قَالَ مَا زَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ فِى اْلفَجْرِ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا. رواه أحمد

Artinya: Diriwayatkan dari Anas bin Malik R.A “Beliau berkata, “Rasululloh senantiasa membaca qunut ketika shalat subuh sehingga beliau wafat.” (HR. Ahmad).

Adapun waktu membaca doa qunut itu ada dua:

  1. Pada saat sholat subuh, di rakaat kedua setelah bangkit dari rukuk/ i’tidal.
  2. Pada waktu sholat witir di bulan Ramadhan, dilaksanakan di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan.

Berikut bacaan doa qunut:


DOA QUNUT

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللَّهُمَّ اهْدِنِي (نَا) فِيْمَنْ هَدَيْتَ

وَعَافِنِيْ (نَا) فِيْمَنْ عَافَيْتَ

وَتَوَلَّنِيْ (نَا) فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ

وَبَارِكْ لِيْ (لَنَا) فِيْمَا اَعْطَيْتَ

وَقِنِيْ (نَا) شَرَّمَا قَضَيْتَ

فَاِنَّكَ تَقْضِى وَلاَيُقْضَى عَلَيْكَ

اِنَّهُ لاَيَذِلُّ مَنْ وَّالَيْتَ

وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ

تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَلَيْتَ

فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ

اَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ

وَصَلَّ اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَ سَلَّمَ

Allahummah dinii (dinaa) fiiman hadaiit. Wa ‘aafinii (finaa) fiiman ‘aafaiit. Watawallanii (lanaa) fiiman tawallaiit. Wabaariklii (lanaa) fiimaa a’thoiit. Waqinii (waqinaa) syarromaa qodoiit. Fainnaka taqdii walaa yuqdhoo ‘alaiik. Innahuu laa yadzillu man waalaaiit. Walaa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wata’aalaiit. Falakal hamdu ‘alaa maa qodhoit. Astaghfiruka wa atuubu ilaiik. Washollallaahu alaa sayyidinaa muhammadinin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihii washohbihii wasallam.

Artinya:

Ya Allah, berikanlah kami petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, Berilah kami perlindungan seperti orang-orang yang telah Engkau beri perlindungan. Berilah kami pertolongan sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri pertolongan. Berilah berkah pada segala yang telah Engkau berikan kepada kami. Jauhkanlah kami dari segala kejahatan yang telah Engkau pastikan. Sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha menentukan dan Engkau tidak dapat ditentukan. Tidak akan hina orang yang Engkau lindungi. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Engkau Maha Suci dan Maha luhur. Segala puji bagi-Mu dan atas segala yang Engkau pastikan. Kami memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu. Dan telah Bersholawat Allah atas penghulu kami Nabi Muhammad Nabi yang tidak bisa baca tulis dan atas keluarganya dan shohabatnya dan salam sejahtera.


Bagi sobat sekalian yang kelupaan membaca doa qunut menurut mazhab imam syafii disunnahkan untuk sujud sahwi. Sujud ini berlaku juga untuk seseorang yang lupa jumlah rakaatnya atau ketinggalan tahiyat awwal. Sujud sahwi ini dilakukan sebelum salam dengan dua kali sujud. Adapun tata cara sujud sahwi ini yaitu:

  1. Sebelum salam lakukanlah sujud pertama dengan membaca:

سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو

Subhaana man laa yanaamu walaa yashuu

Artinya: Maha suci Allah Dzat yang tidak tidur dan tidak lupa

2. Bangkit dari sujud seperti duduk antara dua sujud tanpa membaca apa-apa disertai tuma’ninah.

3. kemudian sujud kedua dengan bacaan yang sama seperti diatas.

4. Bangkit dari sujud dan langsung salam.

Nah sobat rohis, demikian doa qunut arab dan latinnya lengkap dengan artinya yang bisa kami share. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam bisshowab.

Baca Juga: 7 Sebab Doa Tertolak Dan Tertahan Di Langit

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *