8 Keutamaan Sholat Tahajud dan Cara Mengerjakannya

keutamaan-sholat-tahajud

Assalamualaikum sobat rohaniawan. Nah kali ini kita membahas mengenai 8 keutamaan sholat tahajud. Sholat tahajud adalah salah satu amaliah yang dilakukan Rasulullah setiap malam dan menjadi kewajiban beliau. Sedangkan untuk kita sebagai umatnya dihukumkan sunnat muakkad yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan dikarenakan faedahnya yang terbilang luar biasa. Nah selain itu, sholat ini juga amalan daripada para sahabat Rasulullah, tabiin dari generasi ke generasi sampai kepada para ulama kita sekarang.

Sholat ini khusus dilakukan pada sepertiga malam yang akhir atau kurang lebih dari jam 2 sampai jam 4 pagi menjelang subuh. keistimewaan sholat tahajud ini dijelaskan didalam Al-Qur’an sebagai berikut:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: Dan pada sebagian malam bertahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. (Q.S. Al-Isra: 79).

Untuk melaksanakan sholat tahajud ini lebih afdhalnya kita tidur terlebih dahulu walaupun hanya sebentar saja. Tetapi apabila tidak sempat tidur tidak mengapa.

8 Keutamaan sholat tahajud yaitu:

1. Mendapatkan maqoman mahmuda (tempat terpuji)

Maqom mahmuda (tempat yang terpuji) menurut beberapa pendapat adalah maqomnya para wali disisi Allah Ta’ala. Memang tidak bisa dijelaskan secara mendetil, akan tetapi bagi siapa saja yang mendawamkan sholat tahajud ini sama seperti sholat lima waktu maka ia akan diberikan Allah salah satu keistimewaan tersebut yang tidak didapat oleh orang lain serta ia dapat merasakan manisnya ibadah.

2. Dapat menjaga diri dari emosi dan stress

Diatara keuntungan daripada melaksanakan sholat tahajud ini adalah ia dapat dengan mudah mengendalikan amarahnya, menahan diri dari godaan dan apabila ada masalah yang pelik maka masalah tersebut tidak akan membuat dirinya stres, Karena bagaimanapun masalah itu asalnya dari Allah SWT, Dialah yang memberikan ujian kepada hamba-Nya dan Dia pula lah memberikannya jalan keluarnya.

3. Doanya dikabulkan Allah SWT

Bagi orang yang sudah istiqomah dan ikhlas melaksanakan sholat ini, insya allah dengan kehendak-Nya Allah SWT akan cepat mengabulkan hajat-hajatnya. ditambah di sepertiga malam akhir adalah waktu yang juga maqbul untuk melantunkan doa. akan tetapi bagi orang yang doanya belum juga dikabulkan berarti bukannya Allah SWT tidak dapat memenuhi janji-Nya, bisa jadi semua doa tersebut dialihkan kepada kesehatannya ataupun hal yang lain yang bermanfaat untuknya.

4. Penutup kesalahan dan penghapus dosa

Sholat tahajud juga merupakan sarana menghapus dosa-dosa kita. apalagi dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan berjanji tidak lagi mengulang dosa-dosa tersebut. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala setiap malam turun ke langit dunia ketika sepertiga malam, lantas Ia berkata, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku maka aku beri, siapa yang meminta ampun kepada-Ku maka Aku ampuni.” (H.R. Bukhari).

5. Penentram hidup

Pada dasarnya semua orang yang gelisah adalah orang yang kebingungan dengan hidupnya yang seperti tanpa tujuan. Tidak kaya maupun miskin semuanya bingung mencari arah tujuan hidup karena segala harta di dunia ini adalah bukan alat penentram kehidupan tetapi hanyalah penopang kehidupan didunia. Dengan melazimkan sholat tahajud ini secara otomatis kita akan diberikan Allah SWT ketentraman hidup yang sesungguhnya baik di dunia maupun di akhirat. Dalam sholat ini setiap tarikan nafasnya dan setiap rakaatnya akan terasa terlihat bahwa semua yang di dunia ini hanyalah semu dan akan kembali kepada-Nya.

6. Jalan penghubung ke Rasulullah SAW

Salah satu keutamaan sholat tahajud yaitu dikatakan oleh guru kami, beliau berkata apabila menjalankan ibadah sholat tahajud tersebut diniatkan iklhas lillahi ta’ala serta berniat mengikut (mutabaah) sunnah Rasulullah maka suatu saat akan dibukakan pintu hijab yang menghalangi diri kita dengan Rasulullah. Akan bertemu dengan Rasulullah baik secara sirr ataupun zhohirnya. Maka hal yang terbaik dalam seumur hidup adalah berjumpa dengan Rasulullah SAW. Wallahu a’lam.

7. Memperkuat imunitas tubuh

Nah sobat ini sebagai tambahan dari salah satu keutamaan sholat tahajud, sudah bayak penelitian tentang sholat ini salah satunya desertasi dari Prof. dr. M. soleh tentang pengaruh sholat tahajud terhadap hormon kortisol penyebab stress. Beliau meneliti 41 siswa SMU di Surabaya. Mereka disuruh sholat tahajud 8 rakaat ditambah sholat witir 3 rakaat yang dilaksanakan pada jam 2 sampai 3 pagi selama 2 bulan. Dari kesemuanya hanya 19 orang yang dapat bertahan selama 2 bulan dan diambil sampelnya. Sampel tersebut diperiksa ditiga tempat labolatorium di Surabaya agar eror dari hasil penelitiannya dapat diminimalisir.

Dari situ diketahui bahwa 19 orang dari 41 siswa yang melaksanakan sholat tahajud selama 2 bulan memiliki kadar hormon kortisol yang rendah. Itu artinya memiliki imunitas yang kuat terhadap serangan penyakit dan memiliki kontrol emosi yang stabil apabila mendapat masalah. Kortisol adalah hormon pemicu terjadinya stres. Penelitian ini membuktikan dan sejalan dengan hadits Rasulullah yaitu:

“Hendaklah kalian bangun malam sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian.  sarana pendekatan diri kepada Allah SWT, penghapus dosa dan pengusir penyakit dari dalam tubuh”. (HR at-Turmudzi).

Nah semoga kita bisa melaksanakannya sob dan diberikan kekuatan untuk bangun malam dan istiqomah mengerjakan sunnahnya.

8. Pembuka pintu keberkahan dan rezeki

Nah sob, selain sholat duha, sholat ini juga merupakan sarana untuk pembuka pintu rezeki. ditambah doa-doa yang kita panjatkan di sepertiga malam akhir akan diijabah oleh Allah SWT karena pada waktu tersebut merupakan waktu yang maqbul untuk berdoa.

Tata Cara Sholat Tahajjud

Untuk tata cara sholat tahajud ini sama seperti sholat sunnah pada umumnya. Untuk rakaatnya minimal dua rakaat dan yang biasa dilakukan Rasulullah SAW dari berbagai hadits adalah 13 rakaat, per 2 rakaat 1 kali salam ditambah 1 rakaat sholat witir.

Untuk caranya yaitu:

  1. Takbiratul ihram disertai niat. Adapun niat sholat tahajud yaitu:

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat tahajjudi rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya: Aku sholat sunnat tahajjud 2 rakaat karena Allah Ta’ala

2. Membaca surah Al-fatihah.

3. Membaca surah baik surah yang pendek ataupun yang panjang. Untuk surah boleh apa saja yang bisa dan hafal. Minimal Al-Kafirun pada rakaat pertama dan surah Al-Ikhlash pada rakaat kedua.

4. rukuk dengan tumakninah.

5. i’tidal dengan tumakninah.

6. Sujud dengan tumakninah.

Untuk bacaan rukuk dan sujudnya sama yaitu:

سُبْحَانَ ذِي الْجَبَرُوْتِ  وَالْمَلَكُوْتِ وَالْكِبْرِيَاءِ وَالْعَظَمَةِ

Subhaana dzil jabaruuti wal malakuuti wal kibriyaa i wal azomah.

Maha suci Allah yang memiliki alam jabarut dan alam malakut, dan yang memiliki kekuasaan dan memiliki keagungan.

7. Duduk antara dua sujud dengan tumakninah.

8. Sujud dengan tumakninah.

9. kembali berdiri tegak untuk rakaat yang kedua.

Note: Untuk rakaat yang kedua bacaannya masih sama hanya beda surah pendek yang dibaca. selesai rakaat kedua lalu salam.

Setelah selesai sholat lalu berdoa sebagai berikut:

Doa sholat tahajud

اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّ للَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللَّهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّي. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لَا اِلَهَ اِلَّا اَنْتَ وَلَا اِلَهَ غَيْرُكَ وَلَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللَّهِ

Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samaawaati wal ardhi waman fihinn, walakal hamdu mulkus samaawaati wal ardhi waman fihinn, walakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi waman fihinn, walakal hamdu antal haqqu wawa’dukal haqqu waliqoo uka haqqun waqauluka haqqun wal jannatu haqqun wan naaru haqqun wan nabiyyuuna haqqun wa muhammadun shollallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun. Allahumma laka asamtu wabika aamantu wa alaika tawakkaltu wailaika anabtu wabika khosomtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wamaa akhhartu wamaa asrartu wamaa a’lantu wamaa anta a’lamu bihi minni. antal muqaddimu wa antal muakhhiru laa ilaaha illa anta walaa ilaaha ghairuka walaa haula walaa quwwata illa billah.

Biasanya untuk sholat tahajud diiringi dengan sholat witir cukup dengan 1 rakaat di akhirnya. Paling banyak witirnya 3 rakaat. Tetapi apabila tidak ada waktu atau ada kesibukan yang lain witirnya tidak dikerjakan tidak mengapa.

Cara mengerjakan sholat witir

Untuk niat sholat witir 2 rakaat pertama yaitu:

اُصَلِّي سُنَّةً رَكْعَتَيْنِ مِنَ الْوِتْرِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan rak’ataini minal witri lillahi ta’alaa

Artinya: Aku sholat sunnat 2 rakaat dari witir karena Allah Ta’ala

Untuk witir 1 rakaat niatnya yaitu:

اُصَلِّي سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَةً لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal witri rak’atan lillahi ta’ala

Artinya: Aku sholat sunnat witir 1 rakaat karena Allah Ta’alaa

Untuk surahnya di 2 rakaat pertama sholat witir setelah membaca surah Al-fatihah selanjutnya Surah Al-A’la dan rakaat kedua setelah surah Al-fatihah membaca surah Al-Kafirun. Tetapi apabila tidak hafal boleh surah Al-Kafirun dan rakaat kedua Al-Ikhlash atau apa saja yang hafal.

Untuk 1 rakaat terakhir sholat witir setelah membaca surah Alfatihah selanjutnya membaca surahnya Al-Ikhlas, al-Falaq dan An-Nas secara berturut-turut.

Demikian yang dapat kami share mengenai 8 keutamaan sholat tahajud dan sholat witir serta tata cara mengerjakannya. Semoga saya sendiri dan kita semua bisa mengamalkan dan istiqomah melaksanakannya.

Wassalamualaikum wr wb.

Tentang Penulis

Khamsul khair

Terima kasih telah mengunjungi blog sederhana ini. Semoga berkah dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *