Penyebab Perceraian Yang Sebenarnya Simple tapi Fatal

penyebab-perceraian

Assalamualaikum sobat rohis sekalian, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Zaman sekarang tingkat perceraian sangat tinggi bahkan dibandingkan dengan perkawinan sangat jauh bedanya. Mengapa bisa hal tersebut terjadi? Simak penyebab perceraian berikut.

Perceraian antara suami istri sebenarnya tidak dibenarkan dalam situasi apapun, kecuali dalam hal yang sangat darurat. Rasulullah SAW bersabda: Siapa saja perempuan yang meminta cerai kepada suaminya tanpa alasan yang dibenarkan maka diharamkan bau surga atas perempuan tersebut (H.R. Abu Dawud, At-Turmudzi dan Ibnu Majah).

Teman saya yang bekerja di pengadilan agama bilang bahwa dalam sebulan ada sampai seratusan kasus suami istri yang ingin bercerai, berbanding terbalik dengan data orang yang ingin menikah. Sungguh disayangkan karena hal yang dibenci Allah justru semakin banyak terjadi.

Tapi saya disini hanya membahas mengenai penyebab perceraian saja, enggak membahas tentang cerai dan hukum-hukumnya.

Nah sob, penyebab perceraian bisa jadi dari hal yang sepele seperti:

Main rahasia-rahasiaan antara suami istri

Rahasia berarti sesuatu yang disembunyikan tetapi akan menimbulkan masalah kedepannya. Dalam berumah tangga, kalau sudah main rahasia-rahasiaan baik suami atau istri, hal tersebut lambat laun akan menjadi kecurigaan masing-masing pihak.

Maka tunggulah suatu saat hal tersebut akan meledak apabila rahasia tersebut terbongkar.

Ingat rumus perceraian:

Kecurigaan + perkelahian + pisah ranjang = cerai/talak

Sesuatu yang dirahasiakan pasti yang akan menyebabkan masalah apabila diketahui pasangan. Misalkan handphone mulai dipasangi pasword, memakai dua nomor yang dirahasiakan, jalan-jalan tanpa pasangan, dan lain-lainnya.

Bahkan bukan cuma itu saja, rahasia lainpun seperti kepemilikan harta, pembagian warisan dan lain-lain bisa menyebabkan perceraian.

Hal kecil tersebut sangat sepele tapi imbasnya besar untuk keharmonisan rumah tangga. Jadi pada dasarnya dalam berumah tangga jangan ada rahasia-rahasiaan. Apabila ada masalah atau ketidaknyamanan maka bicarakanlah. hal tersebut juga akan membuat pasangan jadi mengerti apa keluhan atau kebutuhan kita.

Suami istri itu harus memiliki komunikasi yang baik dalam berumah tangga, bolehlah memiliki rahasia yang tidak boleh diumbar seperti aib masa lalu atau aib lainnya yang tidak pantas diceritakan tetapi untuk hal yang lain bersikaplah transparan dan menerima masukan dari pasangan masing-masing.

Suami malas memberikan nafkah untuk istrinya

Sobat rohis, memiliki suami pemalas memang berbahaya. Masalah ini sebenarnya sangat banyak terjadi, padahal ini adalah kewajiban yang urgent yang harus dipenuhi oleh suami dan juga tanggung jawabnya dalam berumah tangga.

Banyak yang kita temui dimana suami menyuruh istrinya bekerja sedangkan suaminya santai dirumah. Bahkan beberapa oknum suami malah santai di warung-warung sambil bermain judi, sedangkan istrinya banting tulang mencari rupiah.

Kalau begini terus lama-kelamaan sang istri akan protes dan menjadi penyebab kisruh rumah tangga yang pada akhirnya perceraian pun tak terelakkan.

Perlu sobat ketahui, walaupun istri seorang yang berada atau punya penghasilan sendiri, pemberian suami adalah sangat ditunggu-tunggu oleh seorang istri walaupun sedikit.

Oleh karena itu bagaimanapun jadilah suami yang baik dan bertanggung jawab dengan memenuhi nafkah istri untuk keperluan berumah tangga. Walaupun kita tidak pintar tetapi bermodalkan rajin dalam bekerja tentu hal ini akan sangat dihargai oleh istri karena sudah memperjuangkan hidupnya.

Sayangi dan nafkahilah istri anda seperti Rasulullah SAW yang menyayangi dan menafkahi istri-istri beliau.

Tidak ada perhatian kecil antara suami istri

Biasanya, sang suami sudah merasa cukup apabila sudah memberi uang harian, keperluan dapur, keperluan anak dan keperluan istrinya. Sang istri juga sudah merasa cukup apabila sudah memasak di rumah, sudah menjaga anak dan mencuci baju suaminya. Padahal keperluan suami dan istri sifatnya lebih kompleks lagi.

Suami istri dalam berumah tangga memerlukan perhatian kecil yang efeknya sangat besar. Seperti ucapan terima kasih, ucapan sayang, perlakuan lain yang intinya perhatian dan kasih sayang. Inilah yang biasanya dicari dari pasangannya masing-masing tapi hal ini sangat sulit untuk dibicarakan berdua.

Coba bayangkan, apabila perhatian ini diberikan oleh orang lain kepada suami atau istri kita, maka ia akan membandingkan dengan perlakuan kita dirumah yang biasa-biasa saja dan puncaknya adalah perselingkuhan yang menyebabkan perceraian.

Pelayanan suami yang payah di “ranjang”

Nah sob, ini adalah salah satu masalah yang sangat penting bagi pasangan suami istri. Setelah kebutuhan jasmani terpenuhi, maka kebutuhan yang satu ini juga harus seimbang.

Mengapa suami? Karena laki-laki lebih rentan dan egois ketika berhubungan suami istri tanpa perduli istrinya sudah klimaks atau belum.

Kebanyakan suami memang egois, setelah selesai hajatnya ia sudah pergi tidur sedangkan sang istri masih membutuhkannya. Faktor penyebabnya yaitu kadang suami sudah ejakulasi duluan diawal sehingga istrinya mengeluh.

Hal ini harus segera dicari solusinya kalau tidak, ketika istri bertemu dengan seseorang yang bisa memuaskannya maka perceraian pun diujung mata.

Rasulullah SAW memberikan contoh kepada umatnya agar dalam menggauli istri memulainya dengan memberikan ciuman dan sentuhan belaian lembut agar istri siap melayani suaminya. Selesaikan hajat istrinya walaupun suaminya sudah selesai duluan maka hal tersebut akan menambah keharmonisan keluarga.

Nah sobat sekalian, beberapa hal inilah penyebab perceraian yang paling sering terjadi yang sebenarnya bisa kita hindari. Sebenarnya banyak sekali penyebab perceraian tetapi awal mulanya adalah hal yang telah disebutkan diatas.

Semoga kita bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk suami atau istri kita dan dijauhkan Allah SWT daripada perceraian dalam berumah tangga.

Wallahu ‘alamu bisshowab.

Baca juga:

Tentang Penulis

Khamsul khair

Terima kasih telah mengunjungi blog sederhana ini. Semoga berkah dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *