Penyebab tumbuh Uban Diusia Muda, Karena Pikiran?

penyebab-tumbuh-uban-diusia-muda

Assalamu’alaikum sobat rohaniawan, Kembali lagi sob kita ketemu dalam ruang bacaan ini, semoga sobat semua sehat wal’afiat dan selalu mendapatkan rezeki yang berkah. amiin. Nah sobat sekalian kali ini kita akan membahas mengenai penyebab tumbuh uban diusia muda. Yuk mari disimak.

Sobat rohaniawan, uban adalah rabut berwarna putih yang muncul ketika umur seseorang mulai matang (sebut aja tua). Uban tumbuh karena berkurangnya melanin dan vitamin B12 yang menyuplai nutrisi ke bilah-bilah rambut. Apabila suplai ini berkurang maka rambut akan mulai menguning dan ujung-ujungnya memutih.

Uban memang mengganggu dan menyebabkan gatal. Tetapi benarkah uban yang dicabut akan bertambah banyak? Sebenarnya enggak sob, mencabut uban itu enggak bikin tambah banyak, karena mencabut uban jelas mengurangi uban itu sendiri, tetapi mencabut uban menyebabkan kulit kepala rusak sob dan rambut baru sulit tumbuh. itulah sebenarnya mengapa uban itu terlihat tambah banyak karena rambut hitamnya sulit tumbuh sedangkan setiap hari, seminggu, rambut hitam yang ada berangsur-angsur memutih.

Nah disini yang kita maksud usia muda itu kisaran 20 sampai 35 tahunan sob. diatas itu sudah dewasa menuju tua. hehe. Diumur segitu biasanya laki-laki rata-rata sudah kawin atau baru kawin. Apabila uban datang dibawah umur 20 tahunan yang lazimnya umur segitu belum lah ada uban sama sekali maka bisa jadi hal tersebut merupakan faktor genetik. Sebab penulis sendiri pernah menemukan anak SD yang ubanan yang lumayan terlihat jelas sob, dan ditanya katanya ayahnya dulu juga begitu. atau bisa jadi faktor keturunan juga berpengaruh kuat.

Itusecara ilmiah sob, Selain itu, ada faktor lain yang membuat ubanan diusia 20 sampai 30 tahunan yaitu:

Merokok dan mengonsumsi obat jenis tertentu

Nah ini merupakan poin utama penyebab uban tumbuh diusia muda. Zaman Sekarang sob anak-anak sudah pandai merokok dan mencoba-coba hal-hal yang dilarang seperti konsumsi obat tertentu yang memerlukan resep dokter. Untuk apa? Tujuannya cuma satu yaitu untuk kesenangan dan diakui teman-temanya.

merokok
merokok by pixabay.com

Merokok dan obat-obatan jelas merusak jaringan-jaringan yang berfungsi untuk memperkuat melanin rambut. Liat saja sob banyak anak-anak yang tumbuh ubannya karena merokok dan juga wajahnya terlihat lebih tua dibanding anak seumurannya yang tidak merokok karena beberapa jaringan tubuh rusak sebelum waktunya. Belum lagi gigi dan gusi yang rusak diawal.

Nah, bukan hanya uban yang tumbuh, apabila hal ini berkelanjutan tentunya candu di rokok tersebut sudah banyak terhisap dan juga sudah ketagihan. Otomatis juga paru-paru rentan terkena penyakit seperti Bronkhitis, TBC, jantung, dan beragam penyakit lainnya sampai ke impotensi. Nauzubillah.

Nah sekarang solusinya bagaimana sob, karena dari beberapa teman-teman tekad kuat saja tidak cukup untuk berhenti dari merokok. Apabila anda sudah siap berhenti merokok coba lakukan hal ini:

  • Datanglah ke tempat terapi pengobatan kecanduan rokok, biasanya terapi hipnotis lebih kuat dibanding cuma berniat tidak merokok lagi.
  • Hindarilah teman-teman yang merokok. Walaupun kita berhasil berhenti merokok tetapi masih dilingkungan orang yang merokok paling sebulan dua bulan ikut merokok lagi
  • Jauhkan keinginan anda dan buang semua yang berhubungan dengan rokok dirumah anda, jangan memajang kotak-kotak rokok dirumah maupun asbaknya.
  • Berdoa meminta kepada Tuhan agar bisa berhenti merokok. Nah apabila semuanya sudah dilakukan maka ikhtiarnya sudah jalan sob jadi tinggal berdoa saja.

Istri yang cerewet dan susah diatur

Wah, benarkah ini sob? apa hubungannya? hehe..

Bagi para pria muda yang sudah memiliki istri. Istri yang cerewet penyebab ubanan memang benar sob, karena cerewetnya istri menyebabkan suami terus-terusan berpikir bagaimana caranya untuk memenuhi keperluan istri. Hasilnya adalah suburnya uban diusia muda.

Makanya istri yang yang mengerti akan hal ini pasti berusaha untuk menutupi kekurangan ini walaupun pada dasanya ia sangat memerlukannya. Istri yang baik tidak ingin ia menjadi beban pikiran bagi sang suami dan juga berusaha menekan pengeluaran agar pengeluaran tersebut tidak membengkak dan juga menyebabkan kepala suami jadi plontos, bukan ubanan lagi… hehe. 😛

istri-cerewet
istri cerewet by pixabay.com

Rasulullah sudah mewanti-wanti kepada kita agar memilih pasangan dari bibit, bebet dan bobotnya. Itulah mengapa agama merupakan nomor satu ketika memilih istri dibandingkan kekayaan, pangkat, kecantikan, dan keturunannya. Akan tetapi apabila semua unsur terpenuhi maka akan akan lebih baik lagi, sudah cantik, kaya, sholehah dan dari keturunan baik-baik. Wah istri idaman banget.

Nah sob, dari sini intinya istri yang cerewet dan banyak tuntuan penyebab kita berpikir lebih keras dan kepala jadi panas sob. belum lagi yang sudah punya anak. Nah karena kepala terus-terusan panas inilah tumbuhan diatasnya pada layu dan mati sob. jadilah uban atau musim salju dikepala anda semua. Bahkan Rasulullah sendiri memberikan doa khusus sob agar tidak ubanan karena istri yang cerewet. Yang artinya dizaman Rasulullah sendiri pun banyak sahabat yang memiliki istri yang posesif. Untuk doanya klik disini.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal ini solusinya yaitu:

  • Sebelum menikah, usahakan mengetahui sifat asli pasangan kita sob, agar nanti setelah kawin kita tidak meriang dan demam karena speaker nyala non stop dari mulut istri.
  • apabila terlanjur sob memiliki istri yang cerewet, usahakan di komunikasikan dan beri batasan kepada istri agar sifatnya (yang sangat baik itu) bisa berkurang dan uban kita juga bisa berkurang.

Pendapatan kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari

Ini faktor ketiga sob penyebab ubanan, pendapatan kurang memenuhi ekspektasi juga memicu tumbuhnya uban dikepala kita, belum kita bayar ini dan itu, untuk belanja saja susah. Karena itu kita berpikir keras untuk meningkatkan kesejahteraan agar tarap hidup dapat meningkat. Tetapi hasilnya nihil sob karena pekerjaan yang kita anggap memiliki pendapatan yang lumayan ternyata enggak sesuai. ujung-ujungnya stress dan berpikir Tuhan tidak adil.

pendapatan-menurun
pendapatan menurun by pixabay.com

Ini kembali lagi kepada pikiran sob, makin banyak berpikir menyebabkan uban banyak tumbuh dan wajah yang seharusnya terlihat muda malah terlihat agak tuaan (keriput) karena berpikir terus-terusan.

Nah ini solusinya sob:

  • Relax, jangan banyak pikiran. Yakin semua rezeki diatur Allah SWT dan sudah dijamin-Nya.
  • Tekuni suatu bidang usaha yang anda gemari dan jadilah ahlinya. insya Allah rezeki akan datang sendiri karena di tempat tidak ada yang ahli seperti anda. Tidak ada hasil yang instan dan semuanya memerlukan proses. Nikmati proses tersebut dan bersiap untuk menerima hasil jerih payah kesabaran anda.
  • Perbanyak istighfar dan sholawat karena dua hal tersebut merupakan pengundang rezeki tak terduga.

Apabila anda mempunyai keterampilan yang sama dengan orang lain, maka perdalam lagi ilmu tersebut sampai segala sesuatunya anda kuasai. Sehingga Ilmu anda diatas orang yang cuma mengetahui dasarnya saja. Dijamin deh sob orang akan mendatangi anda untuk minta bantuan dan itu akan menambah pundi-pundi anda.

Agak aneh ya sob, bicara mengenai uban tetapi kok solusinya mengenai mendapatkan usaha, menambah pendapatan, berhenti merokok, istri cerewet dan lain-lain. hehe.

Jawabannya ya karena itu semua yang menjadi penyebabnya sob. Jadi biar nggak ubanan maka minimal berhenti merokok karena apabila sudah ketagihan, pendapatan perhari berkurang untuk beli rokok, istri tambah cerewet karena badan bau rokok, dan juga uban tumbuh subur karena kita berpikir terus bagaimana cara mendapatkan uang untuk beli rokok. hehe.:P

Nah itu semua hal-hal yang penyebab tumbuh uban diusia muda atau usia perkawinan sob. disana sudah kami berikan solusinya dan semoga dapat membantu sobat semua yang mengeluhkan ubannya.

Wallahu a’lam bisshowab.

Tentang Penulis

Khamsul khair

Terima kasih telah mengunjungi blog sederhana ini. Semoga berkah dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *