Talqin Mayat Lengkap dengan Caranya

Taqin mayat Lengkap dengan Caranya

Assalamualaikum sob..

Terlepas dari boleh tidaknya membaca talqin mayat diatas kubur. Ada yang bilang bid’ah dan ada ulama yang membolehkan, kita ambil positifnya saja sob..

Talqin mayit berisi doa-doa dan pengajaran untuk mereka yang hadir mengantarkan jenazah ke pemakaman. Dikatakan sebagai bahan pembelajaran bagi yang masih hidup karena apa yang disebutkan didalamnya seperti kematian itu adalah hak (nyata). faktanya kita semua memang akan mati sob. Mau umur berapapun.. yang muda atau yang tua.. Mau yang sehat.. yang sakit apalagi.. hehe..

Nah selagi kita masih sehat ada baiknya kita mempersiapkan diri untuk mencari bekal sob diakhirat nanti…

Harta yang banyak tidak dibawa kedalam kubur. Tanah, mobil, dan investasi tidak dibawa kedalam kubur. malah diperebutkan ahli waris. Suami, istri, atau anak jelas tidak mau dikubur. Keluarga hanya menangisi diatas kubur. Selebihnya pulang dan di rumah udah ketawa ketiwi lagi..

didalam kubur jelas tinggal kita sob..

kita sendirian, gelap sempit dan bau tanah. yang dibawa cuma kain kafan, kapas dan peti mati…

terus kemana harta, mobil, anak istri atau suami kita… satupun tidak ada yang menemani.

yang menemani kita nanti cuma amal shaleh sob.

  • ibadah kita
  • harta yang disedekahkan atau diinfakkan untuk kebaikan..
  • anak yang dididik dengan ilmu yang bermanfaat dan juga mendoakan orang tuanya.
  • ilmu yang kita share yang diamalkan oleh orang lain.

itulah beberapa yang akan menemani kita nanti didalam kubur. Semakin banyak amal ibadah kita yang diterima Allah SWT semakin jauh kita dari azab kubur. Semoga kita terhindar dari azab kubur dan terhindar dari fitnah syetan. amin.

Hanya amal sholeh yang akan menemani kita didalam kubur

Oke kelamaan sob. Langsung kepada intinya.

untuk talqin mayit berikut tahapannya:

  1. Setelah mayat selesai dikubur. Pembaca talqin menyiapkan tempat duduk disamping kanan sebelah kuburnya dengan menghadap ke kiblat.
  2. Duduklah seperti duduk tahiyat. sedangkan yang mendengarkan boleh duduk atau berdiri mengelilingi kuburnya.
  3. mulailah dengan membaca tawassul kepada Nabi Muhammad SAW.
  4. membaca surah Alfatihah bersama-sama.
  5. selanjutnya baca talqinnya (membacanya mirip seperti khutbah jum’at).

berikut adalah bacaan talqin untuk mayit:

TALQIN MAYYIT

بسمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. لآاله الاّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاشَرِيْكَ لَهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيتُ وَهُوَ حَيٌ دَائِمٌ لاَيَمُوتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيرٌ. كُلِّ شَيئٍ هَالِكٌ اِلاَّ وَجْهَهُ. لَهُ الْحُكْمُ وَاِلَيْهِ تُرْجَعُونَ. كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ المَوْتِ. وَاِنَّمَا تُوَفَّونَ اُجُورَكُمْ يَومَ الْقِيَامَةِ. فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّاسِ وَاُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ. وَمَاالْحَيَوةُ الدُّنْيَا اِلاَّ مَتَاعُ الغُرُورِ. مِنْهَا خَلَقْنَاكُمْ, فِيْهَا نُعِيْدُكُمْ, وَمِنْهَا نُخْرِجُكُمْ تَارَةً اُخْرَى. مِنْهَاخَلَقْنَاكُمْ لِلْأَجْرِ وَالثَّوابِ. وَفِيهَا نُعِيدُكُمْ لِلدُّودِ والتُّرَابِ. وَمِنْهَا نُخْرِجُكُمْ لَلْعَرْضِ وَالْحِسَابِ. بِسْمِ اللَّهِ وَبِاللَّهِ وَمِنَ اللَّهِ وَاِلَى اللَّهِ وَعَلَى مِلَّةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. هَذَامَا وَعَدَ الرَّحْمَنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ. اِنْ كَانَتْ اِلاَّ صَيْحَةً وَاحِدَةً فَاِذَا هُمْ جَمِيعٌ لَدَيْنَا مُحْضَرُونَ.

Hai …………. bin/binti ……………,! Sekarang kamu sudah keluar dari dunia ini beserta kemewahannya, menuju ke alam  akhirat, maka dari itu jangan lupa kamu tentang perjanjian ketika kamu di dunia yaitu kesaksian bahwa tidak ada tuhan selain Allah, dan sesungguhnya nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Sekarang kamu berada di suatu tempat yang baru. Jika kamu nanti kedatangan dua Malaikat yang telah diserahi Allah untuk bertanya kepadamu, maka janganlah kamu takut  atau gemetar menghadapinya. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya dua Malaikat tersebut adalah juga mahluk dari sebagian mahluk Allah.  Jika kedua Malaikat itu datang kepadamu, mendudukkanmu, dan bertanya kepadamu  seperti ini : Hai manusia, siapa Tuhanmu, apa agamamu, siapa nabimu, apa I’tiqodmu (kepercayaanmu), dimana kiblatmu dan apa yang kamu ucapkan ketika kamu hidup dan saat mati, maka jawablah dengan jelas dan mantap: Bahwa Tuhanku adalah Allah. Seandainya kamu ditanya yang kedua kalinya, maka jawablah Allah Tuhanku. Seandainya kamu ditanya yang ketiga kalinya, maka jawablah dengan mantap, tidak perlu gentar dan takut : Allah Tuhanku, Islam agamku, Nabi Muhammad Nabiku, Al-Qur’an panutanku, Ka’bah kiblatku, Shalat sehari semalam kewajibanku, semua orang Islam saudaraku. Saya hidup dan mati menetapi ucapan :

لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللَّهِ .

Hai …………. Bin/binti ……………! Pegang teguhlah wahai saudaraku hujjah yang telah saya ajarkan kepadamu ini. Ingatlah kamu sekarang telah menetap di alam barzah sampai hari kiamat, yaitu hari para makhluk dibangkitkan dari kuburnya.

Ketahuilah bahwa sesungguhnya kematian itu haq (benar), Qubur itu haq, nikmat Allah (didalam kubur)  itu haq,   siksa qubur itu haq, pertanyaan Malaikat Munkar Nakir itu haq, hari kebangkitan itu haq, hari perhitungan itu haq, syafa’at Nabi Muhammad itu haq, surga itu haq, neraka itu haq, bertemu dengan Allah itu haq, dan Allah akan membangkitkan manusia dari alam qubur itu haq.

نَسْتَوْدِعُكَ اللّهُمَّ يَا أَنِيْسَ كُلِّ وَحِيْدٍ وَيَا حَاضِرًا لَيْسَ بِغَائِبٍ آنِسْ وَحْدَتَنَا وَوَحْدَتَهُ وَارْحَمْ غُرْبَتَنَا وَغُرْبَتَهُ وَلَقِّنْهُ حُجَّتَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ.   وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. آمِيْنَ.

 

Baca bersama: Allahumaag firlahu warhamhu watsabbithu 3x

6. Selesai membaca talqin, inilah doa yang harus dibaca:

DOA SETELAH MEMBACA TALQIN

اللَّهُمَّ هَذَا عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ نَزَلَ بِكَ خَالِيًا مُقَفَّرًا عَنِ الزَّادِ مَحْشُوْسَ المِهَادِ غَنِيًّا عَمَّافِى العِبَادِ. فَقِيْرًا اِلَى مَا فِى يَدِكَ يَا جَوَّادُ. وَاَنْتَ يَا اَللَّهُ خَيْرُ مَنْ نَزَلَ بِهِ الْمُؤَمِّلُوْنَ. وَاسْتَغْنَي بِهِ الْمُقِلُّوْنَ. وَوَلِجَ فِى وُسْعِ رَحْمَتِهِ الْمُذْنِبُوْنَ. اللَّهُمَّ فَلْيَكُنْ قِرَى عَبْدِكَ مِنْكَ رَحْمَتَكَ وَمِهَادُهُ جَنَّتَكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Allahumma Hadzaa Abduka, wabnu abdika, nazala bika khooliyann muqoffaran ‘aniz zaadi mahsyuusal mihaadi ghoniyyan ‘amma fil ‘ibaad. Faqiiran ilaa maa fii yadika yaa jawwaad. Wa anta ya Allah Khairu man nazala bihiil muammiluun. wastagnaa bihil muqilluun, wawalija fii wus’i rahmatihil muznibuun. Allahumma fal yakun qiraa ‘abdika minka rahmataka wamihaaduhuu jannatika yaa arhamar raahimiin.

7. kemudian cecerkan air diatas kubur dari kepala sampai kaki 3 x.

siraman Pertama membaca : Saqallahu tsaraahuu

Siraman Kedua membaca: Barradallahu madhja’ahuu

Siraman Ketiga membaca: Ja’alallahul jannata matswaahuu

Selesailah prosesi talqin mayit sob.

Demikian yang bisa kami share sob semoga bermanfaat. Apabila ada yang perlu didiskusikan bisa ditanyakan di kolom komentar.

Terima kasih.

 

 

 

Tentang Penulis

Khamsul khair

Terima kasih telah mengunjungi blog sederhana ini. Semoga berkah dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *