Cloud Hosting Indonesia Hosting Unlimited Indonesia

Tata Cara Sholat Hadiah Beserta Doanya

tata-cara-sholat-hadiah

Assalamu’alaikum sobat rohis, Bagaimana kabarnya? semoga anda semua selalu mendapatkan keberkahan rezeki dan keafiatan. Kali ini saya akan share bagaimana tata cara sholat hadiah beserta doanya.

Sobat sekalian, sholat hadiah atau bisa disebut juga dengan sholat unsi sebenarnya adalah sholat sunnat mutlaq yang niatnya pahala sholatnya untuk almarhum keluarga yang sudah meninggal dunia. Hukum sholat ini sama halnya seperti membaca Al-Qur’an atau sedekah yang pahalanya untuk keluarga atau orang lain yang sudah meninggal dunia.

Waktu pengerjaannya biasanya setelah magrib ataupun setelah isya. Walaupun sehabis zuhur juga tidak mengapa tetapi lebih baiknya pada malam hari.

Sholat hadiah ini adalah salah satu cara mengirimkan pahala kepada orang yang sudah meninggal. Merunut kepada sabda baginda Rasulullah SAW:

اِذَا مَاتَ الْاِنْسَانُ اِنْقَطَعَ عَمَلُهُ اِلَّا مِنْ ثَلاَثٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يَنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُوا لَهُ. رواه مسلم

Artinya: Jika seseorang meninggal dunia, terputus amalanya kecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau anak sholeh yang mendoakan orang tuanya. (HR. Muslim).

Nah sob, untuk tata cara pengerjaannya yaitu:

  1. Niat disertai takbiratul ihram

Untuk niat sama dengan sholat sunnat mutlaq yaitu:

اُصَلِّى سُنَّةً رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya: Aku sholat sunnat dua rakaat karena Allah Ta’ala

2. Setelah membaca surah Alfatihah membaca Ayat kursi 1 kali, surah At-takasur (سورة التّكاثر) sekali dan surah Al ikhlash (سورة الاخلاص) sebelas kali.

Bacaan Ayat Kursi:

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلۡحَيُّ ٱلۡقَيُّومُۚ لَا تَأۡخُذُهُۥ سِنَةٞ وَلَا نَوۡمٞۚ لَّهُۥ مَا فِي ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِي ٱلۡأَرۡضِۗ مَن ذَا ٱلَّذِي يَشۡفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذۡنِهِۦۚ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ أَيۡدِيهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيۡءٖ مِّنۡ عِلۡمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَۚ وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضَۖ وَلَا يَ‍ُٔودُهُۥ حِفۡظُهُمَاۚ وَهُوَ ٱلۡعَلِيُّ ٱلۡعَظِيمُ

Berikut surah At-takasur:

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

أَلۡهَىٰكُمُ ٱلتَّكَاثُرُ .  حَتَّىٰ زُرۡتُمُ ٱلۡمَقَابِرَ .  كَلَّا سَوۡفَ تَعۡلَمُونَ .  ثُمَّ كَلَّا سَوۡفَ تَعۡلَمُونَ .  كَلَّا لَوۡ تَعۡلَمُونَ عِلۡمَ ٱلۡيَقِينِ .  لَتَرَوُنَّ ٱلۡجَحِيمَ . ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيۡنَ ٱلۡيَقِينِ .  ثُمَّ لَتُسۡ‍َٔلُنَّ يَوۡمَئِذٍ عَنِ ٱلنَّعِيمِ

Berikut surah Al-Ikhlas:

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

قُلۡ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ .  ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ .  لَمۡ يَلِدۡ وَلَمۡ يُولَدۡ .  وَلَمۡ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدُۢ

3. Rukuk dengan tumakninah. Tumakninah yaitu tidak tergesa-gesa atau istirahat sekedar satu tarikan nafas sebelum gerakan selanjutnya.

4. I’tidal dengan tumakninah

5. Sujud dengan Tumakninah

6. Duduk antara dua sujud

7. Kemudian berdiri lagi untuk rakaat kedua. Untuk rakaat kedua tidak ada perbedaan dengan rakaat yang pertama termasuk surah yang dibaca setelah surah alfatihah.

8. salam

Setelah selesai maka membaca doa sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ اِنِّي صَلَّيْتُ هَذِهِ الصَّلاَةَ وَاَنْتَ تَعْلَمُ مَا اُرِيْدُ. اَللَّهُمَّ ابْعَثْ ثَوَابَهَا اِلَى قَبْرِ … ابن … بِرَحْمَتِكَ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma inni shollaitu haadzihis sholaata wa anta ta’lamu maa uriid, Allahummab ‘ats tsawaabahaa ila qabri (sebut nama almarhum/ah yang diniati) birahmatika yaa arhamar raahimiin.

Artinya: Ya Allah sesunggunya aku sholat, sholatku ini Engkau lebih mengetahui apa yang aku inginkan. Ya Allah kirimkanlah pahalanya untuk qubur (almarhum/ah) dengan rahmat-Mu wahai yang Maha pemberi rahmat dan kasih sayang.

Nah sobat rohis, demikianlah tata cara sholat hadiah ini semoga bermanfaat untuk anda.

Wallahu a’lam bisshowab.

Baca juga: Keutamaan Sholat Tahajud dan Cara Meengerjakannya.

Tentang Penulis

Khamsul khair

Terima kasih telah mengunjungi blog sederhana ini. Semoga berkah dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *