teks-MC-akad-nikah

Teks MC Akad Nikah Secara Umum Lengkap

Assalamualaikum sobat rohis, ini adalah artikel pertama tahun 2021, saya share teks MC akad nikah kebetulan saya disuruh jadi MC juga untuk nikahan minggu mendatang. Awal tahun ini banyak hajatan pernikahan karena banyak orang mengira bahwa covid-19 akan menurun daripada tahun sebelumnya. Eh ternyata nggak sob, covid ini malah semakin banyak dan merajalela.

Ya sudah daripada nggak kawin-kawin dan juga undangan udah pada diumumin jadilah pernikahan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Tamu undangan terbatas, wajib menyediakan tempat cuci tangan dan menjaga jarak antar para hadirin yang datang. Yang penting kegiatan akad nikah bisa dilaksanakan dan mempelai yang sudah ngebet pengen kawin bisa bersanding di pelaminan.

Nah sob, akad nikah biasanya harus ada MC nya. Kurang afdhol kalau langsung diserahkan kepada penghulu yang bertugas. Untuk MC akad nikah tentunya sangat berbeda dengan MC pada saat resepsinya.

Nah berikut susunan acara yang harus dibacakan MC ketika memulai acara:


KONSEP SUSUNAN ACARA AKAD NIKAH

PASANGAN DIMAS & SORAYA

(Nama hanya contoh)

Hari: Sabtu

Jam: 14.00 wita s/d selesai.

  1. Salam
  2. Ucapan puji syukur kepada Tuhan
  3. Sholawat untuk Nabi
  4. Ucapan penghormatan kepada keluarga kedua mempelai
  5. Ucapan penghormatan kepada para pejabat dan tokoh masyarakat (apabila ada)
  6. Ucapan terima kasih kepada para undangan yang telah berhadir

Dalam kesempatan ini, kami sebagai pembawa acara akan membacakan susunan acara sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an
  3. Prosesi akan nikah pasangan mempelai
  4. Doa/penutup.

(masuk kedalam acara inti, untuk kalimat dibawah ini sebagai panduan saja, bisa berubah sesuai sikonnya)

  • Baiklah untuk mempersingkat waktu marilah kita masuki acara yang pertama yaitu pembukaan. Untuk membuka acara ini marilah kita bersama-sama membacakan ummul qur’an surah alfatihah. Ala haadzihin niyyatis shoolihah, alfaatihah… (bacalah surah Alfatihah beserta undangan). Semoga dengan pembacaan surah alfatihah tadi acara kita dapat berjalan baik dan lancar serta mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah SWT
  • Acara yang kedua yaitu pembacaan ayat-ayat suci alquran yang akan dibawakan oleh saudara/ri…. (sebutkan namanya).  Waktu dan tempat kami persilahkan.
  • Semoga dengan pembacaan ayat-ayat suci alquran tadi, baik bagi kita yang mendengarkan ataupun beliau yang membacakan mendapatkan pahala disisi Allah SWT.
  • Acara yang ketiga, marilah kita ikuti bersama acara inti prosesi akad nikah dari pasangan mempelai Dimas & Soraya yang akan dipimpin oleh Bapak penghulu (kalau mengetahui nama beliau lebih baik disebutkan). Kepada bapak penghulu waktu dan tempat kami persilahkan.

(setelah selesai prosesi akad nikah)

  • Demikianlah prosesi akad nikah dari pasangan mempelai Dimas & Soraya yang telah kita ikuti bersama, semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kedua mempelai serta menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah serta dikaruniai anak yang sholeh dan sholehah. amin ya rabbal alamin.
  • Acara yang ke-4 yaitu pembacaan doa. Untuk membacakan doa kami mintakan kembali kepada bapak penghulu.
  • Demikianlah rangkaian acara prosesi akad nikah dari pasangan mempelai Dimas & Soraya yang telah kita ikuti bersama, kami sebagai pembawa acara mengucapkan terima kasih dan mohon maaf yang sebesar besarnya apabila terdapat kesalahan serta tutur kata yang tidak sopan. Marilah kita bersama-sama menutup acara ini dengan mengucapkan hamdalah (Alhamdulillah). Terima kasih. Wassalamualaikum wr. wb.

Nah sobat rohis, demikian contoh teks MC akad nikah secara umum. Bagi kalian yang mendapat tugas sebagai MC boleh dicoba dan bisa dirubah sesuai keadaan dan tempatnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Teks Doa Acara Resmi Musyawarah Cabang IBI

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *